Bdu Pintar Blogspot adds by Rafidel_Patronus Corp.

www.bdupintar.blogspot.com

Jumat, 08 Januari 2010

Data Flow Diagram (DFD)


Microsoft Visio

Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya. Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.
Versi-versi Visio :
• Visio 5.0
• Visio 2000
• Microsoft Visio 2002 (dikenal juga dengan sebutan Visio XP)
• Microsoft Office Visio 2003
• Microsoft 2007

a. Mengenai Microsoft Visio 2007
Merupakan suatu aplikasi yang didesain khusus untuk membantu dalam membuat diagram seperti Flowchart, Grantt Chart, Data Flow, Gambar Jaringan, Gambar Denah Bangunan, dan juga pembuatan Gambar Teknik, Gambar Elektronik, serta desain lainnya.

b. Fitur-Fitur Baru dari Microsoft Visio 2007
Fitur-Fitur Baru :

• AutoConnect
Berfungsi untuk secara otomatis menghubungkan shape baru dengan shape yang telah ada dalam halaman gambar sekaligus mengatur aligmentnya.

Ada berbagai alat yang dapat dipakai oleh seorang analisis sistem untuk melakukan kegiatan analisis dan perancangan suatu sistem. Diantara alat-alat tersebut ada berupa bagan arus yang selama ini sering digunakan, yaitu Bagan Arus Dokumen ( Dokumen Flowchart) dan Bagan Arus Olah ( System Flowchart). Perkembangan dari kedua alat tersebut diatas yaitu muncul dua alat lain yakni yang dikenal dengan ICAM Definition Methode dan Diagram Arus Data Flow (DFD).

Simbol-Simbol dalam DFD

Larangan-larangan dalam DFD :


* Arus data tidak boleh dari entitas luar langsung menuju entitas luar lainnya, tanpa m elalui proses.
* Arus data tidak boleh dari simpanan data langsung menuju ke entitas luar, tanpa melalui suatu proses.
* Arus data tidak boleh dari simpanan data langsung menuju ke simpanan data lainnya, tanpa melalui suatu proses.
* Arus data dari saatu proses langsung menuju proses lainnya, tanpa melalui suatu simpanan data, sebaiknyasebisa mungkin dihindari.

0 comment:

Posting Komentar